Sejarah dan Teknik Permainan Sepak Bola di Indonesia

Sejarah dan Teknik Permainan Sepak Bola di Indonesia

Sepak bola di Indonesia dapat dikatakan populer di kalangan penyukanya, biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang ataupun untuk berolahraga agar lebih sehat. Sekarang ini pun sudah banyak tim sepak bola di Indonesia ini sendiri.

Sepak bola terdiri dari 2 tim yang saling berlawanan, disetiap tim nya terdiri dari 11 orang pemain dan terdiri dari 5 sampai 11 orang pemain cadangan. Sepak bola dimainkan dengan cara menendang bola untuk dimasukkan ke dalam gawang lawannya, untuk wasit sangat berperan penting saat dilaksanakannya permainan ini.

Lamanya waktu dilaksanakannya permainan sepak bola ini adalah 2×45 menit, namun jika samapai di akhir babak masih belum menemukan pemenang biasanya diberi tambah waktu lagi 30 menit dalam 2 babak permainan agar menemukan pemenangnya.

Sejarah Singkat Sepak Bola di Indonesia

Awalnya sepak bola ini sendiri berasal dari Negara Inggris. Dengan seiring berjalannya waktu, permainan ini pun semakin berkembang pesat diluar Negara Inggris yang kemudian dapat masuk ke Indonesia.

Sepak bola masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda, yang dibawa oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Organisasi pertama sepak bola di Indonesia bernama PSSI yang dibentuk pada tanggal 19 April 1930 oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo di Yogyakarta.

Dalam hal ini PSSI mengalami perluasan kompetisi di dalam negeri. Salah satunya yaitu Liga Super Indonesia, bahkan PSSI membentuk suatu kompetisi sepak bola khusus wanita dan beberapa kategori sepak bola untuk laki – laki. Untuk laki – laki ada umur tententu yang terdiri dari U-15, U-17, U-19, U-21 dan U-23.

Selain itu untuk ukuran lapangan sepak bola memiliki panjang 90 – 120 meter ( 100 – 110 meter untuk permainan tingkat internasional resmi ), dan lebar 45 – 90 meter ( 64 – 75 meter untuk permainan tingkat internasional resmi ). Untuk tinggi dan panjang gawang pun sudah ditentukan yaitu tinggi 2.44 meter sedangkan panjangnya 7.32 meter.

Teknik Permainan Sepak Bola

Setelah mengetahui sejarah singkat sepak bola di Indonesia, akan lebih baik lagi jika mengetahui dan mempelajari lebih lanjut tentang teknik bermainnya. Materi tentang teknik bermain sepak bola dapat diketahui dari penjelasan berikut ini :

Teknik menendang bola

Dalam menendang bola tidak sembarang tendang yang dilakukan. Karena dalam permainan ini memiliki 3 cara tendangan yang dapat dilakukan yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan kaki bagian punggung.

Teknik menggiring bola

Menggiring bola biasanya dilakukan dengan perlahan, akan tetapi pemain harus tetap fokus menghadap kedepan untuk mengantisipasi gerakan lawan yang akan merebut bola. Menggiring bola dilakukan dengan gerakan variasi ke samping agar bola tetap dikuasai oleh pemain dan dilakukan bergantian antara kaki kanan ke kaki kiri.

Teknik menyundul bola

Mendorong bola menggunakan kepala biasanya disebut dengan teknik menyundul menggunakan kepala bagian dahi. Saat bola melambung tinggi teknik ini adalah teknik yang pas untuk digunakan. Teknik ini sering dipakai oleh pemain yang berada di kotak pinalti, dengan tujuan lebih mudah mencetak gol ke gawang lawan.

Teknik menghentikan bola

Menghentikan bola tidak hanya dengan satu cara saja, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Seperti menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar, kaki bagian telapak, dan kaki bagian punggung. Selain menggunakan kaki, menghentikan bola juga dapat menggunakan paha, perut, dan kepala.

Semoga penejelasan di atas sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang sepak bola di Indonesia ini. Jangan malas berolahraga, salam sehat untuk kita semua.